Bunga Telang : Si Cantik Dengan Ragam Manfaat

Posted in Biologi on

Bunga Telang, Si Cantik Dengan Ragam Manfaat

Jenis bunga yang ada di Indonesia sangatlah beragam. Anda dapat memilih, bunga mana yang akan menghiasi taman di rumah. Atau dapat pula memilihnya karena manfaat yang diberikan. Namun Bunga Telang memiliki semuanya itu. Karena bunga ini, memiliki warna biru yang elegan dan manfaat yang beragam untuk kesehatan. Benarkah demikian?

Apa Itu Bunga Telang?

Bunga Telang atau Kembang Telang adalah tumbuhan yang merambat dan banyak ditemukan di halaman rumah. Tanaman ini juga dapat ditemukan dipinggiran hutan dengan warna birunya yang terang. Tumbuhan ini termasuk dalam kategori kacang-kacangan yang berasal dari Asia Tropis dan dapat ditemukan di seluruh daerah, termasuk di Asia Tenggara.

Sejak beberapa tahun lalu, tumbuhan ini banyak dibiarkan tumbuh di halaman. Karena warnanya yang berbeda dan dapat memperindah halaman. Manfaatnya cukup beragam, di Malaysia dimanfaatkan sebagai pewarna ketan. Di Thailand, banyak dimanfaatkan untuk minuman penyegar. Sedangkan di Indonesia dijadikan pewarna untuk makanan dan kue. Adakah manfaatnya untuk kesehatan?

 

Apakah Khasiat dan Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan?

Secara garis besar, anda telah mengetahui beberapa manfaat kembang telang untuk makanan. Namun, bunga ini memiliki manfaat lain, yaitu untuk kesehatan. Penjelasan lengkapnya, ada dibawah ini :

  1. Mengatasi Sakit Telinga

Masalah pada telinga seringkali terjadi dalam kegiatan harian. Namun tidak perlu khawatir, karena dengan daun tanaman ini, anda dapat mengatasinya dengan segera. Caranya dengan mengoleskan air perasan yang telah dicampurkan dengan garam. Lakukan secara teratur, hingga sakit pada telinga telah hilang seluruhnya.

 

  1. Mengatasi Bisul

Bisul atau abses dapat muncul karena makanan-makanan yang dikonsumsi. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat memanfaatkan kembang telang. Caranya dengan menumbuk kembang dan campurkan dengan gula jawa. Setelahnya balurkan pada bagian yang bisul lakukan hingga sembuh. Cara ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat yang membandel.

 

  1. Melancarkan Haid

Anda mengalami masalah dengan haid? Cobalah mengonsumsi air rebusan akar kembang talang. Ramuan ini dapat membantu untuk mengatasi gangguan infertilitas. Darah kotor yang dalam tubuh, dapat menyebabkan timbulnya bisul. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, usahakan mengonsumsinya secara rutin dalam setiap harinya.

 

  1. Pembasmi Racun

Satu lagi manfaat dari kembang Telang adalah membasmi racun. Ramuan ini dapat digunakan untuk membersihkan racun-racun yang ada dalam sistem pencernaan. Ramuan ini dapat ditambahkan dengan madu maupun perasan jeruk lemon. Ramuan ini, bisa dibuat dengan memanfaatkan kembang dan merebusnya selama beberapa menit.

 

  1. Menguatkan Rambut

Saat mengalami masalah dengan rambut rontok adalah hal yang tidak nyaman. Masalah ini sangat menganggu, jika tidak diatasi dengan segera. Untuk membantu mengatasinya, kembang Telang dapat dimanfaatkan dengan menghaluskannya. Setelahnya, gunakan untuk menggantikan penggunaan shampo. Untuk itu, sangat disarankan untuk membuat tumbukan secara rutin.

 

Jenis Bunga Telang

Setelah mendalami lebih jauh, ternyata kembang telang memiliki jenis yang beragam. Untuk memahami lebih jelas tentang jenis-jenis tersebut, dapat menyimak ini. Dari berbagai informasi yang didapat, diketahui bahwa kembang telang memiliki beberapa jenis. Jenis yang pertama adalah jenis yang banyak diketahui, yaitu telang biru yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk kesehatan.

Selain telang biru, rupanya terdapat jenis telang putih yang juga bermanfaat untuk banyak hal. Salah satunya untuk makanan maupun untuk kesehatan. Anda dapat membelinya dengan harga yang murah yaitu Rp 999 untuk setiap bibit. Namun, jika mencarinya secara teliti, mungkin akan mendapatinya dengan mudah di pekarangan. Karena tanaman ini termasuk sebagai tanaman yang mudah tumbuh.

 

Cara Mengeringkan Bunga Telang

Dalam usaha untuk mendapatkan kembang telang yang memiliki khasiat, kebanyakan orang mengeringkan kembang ini. Kembang yang telah dipanen dengan ukuran yang dibutuhkan, perlu dikeringkan untuk menjaga ketahanannya. Cara yang banyak dilakukan untuk mengeringkan kembang ini adalah dengan memanfaatkan sinar matahari, tepatnya di sekitar pukul 08.00 hingga 11.00 siang.

Jika anda membutuhkan pengeringan, namun tidak mendapatkan cuaca yang tepat dapat menggunakan cara lain. Dalam hal ini, untuk memanfaatkan alat bantu seperti oven. Pengeringan dengan oven tidak membutuhkan waktu lama, namun sesuasikan suhu yang diperlukan. Dan tidak perlu khawatir, karena pengeringan ini akan mendapatkan kualitas yang sama dengan pengeringan melalui sinar matahari.

 

Peluang Usaha Bunga Telang

Dari berbagai manfaat yang diberikan oleh kembang telang dan berbagai olahannya, mungkin muncul keinginan untuk memulai usaha kembang telang. Dalam hal ini, untuk mengembangkan budidaya kembang telang dan membuatnya dengan berbagai bentuk olahan. Salah satunya dengan mengeringkan dan menjualnya dalam kemasan-kemasan kecil.

Berkaca dari hal ini, peluang usaha kembang telang jelas membuka kesempatan dan peluang untuk usaha. Anda dapat memulainya dengan mengembangkan penanaman kembang telang di halaman rumah. Setelahnya mencari tahu berbagai informasi terkait, pengembangan usaha kembang telang. Sehingga, usaha budidaya dan peluang keuntungan akan terbuka lebih lebar dan untung lebih maksimal.

Jika ditelusuri lagi, bunga telang pun dapat memberikan ide akan karangan bunga, dimana bunga telang memberikan kesan yang pada bentuk serta warnanya.

Seperti yang diketahui, bahwa inspirasi bisa diperoleh dari mana saja, salah satunya dari bunga telang ini yang dapat dijadikan ide untuk karangan bunga palembang.

 

Manfaat Teh Bunga Telang Untuk Kesehatan

Salah satu olahan dari kembang telang dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal adalah teh bunga telang. Untuk lebih lanjut tentang manfaat teh ini dapat menyimak informasi berikut ini,

  1. Meredakan Demam

Musim pengujan tiba, ragam penyakit akan mudah menyerang, salah satunya flu dan demam. Namun dengan kembang telang, masalah ini dapat diredakan. Caranya dengan mengonsumsi teh bunga telang secara berkala. Teh ini dapat berfungsi sama seperti paracetamol yang dapat meredakan demam.

 

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Pekerjaan yang terlalu berat, membuat tubuh mudah lelah dan tidak fokus dengan pekerjaan. Namun dengan teh bunga telang dan kandungan nontropika dapat meningkatkan kinerja otak. Jadi, otak dapat bekerja optimal dan dapat bekerja dengan maksimal. Untuk mengonsumsinya, anda dapat mencampurkan dengan madu maupun perasan lemon agar lebih menyegarkan.

 

  1. Anti Diabetes

Satu lagi manfaat dari teh bunga telang adalah anti diabetes. Di mana, teh dapat memperlambat penyerapan dari glukosa. Karenanya, gula darah yang dimiliki akan tetap stabil. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam teh juga dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi infeksi yang dapat menyerang penderita diabetes.

 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang mulus dan bersih adalah dambaan dari banyak orang. Hal inilah yang diusahakan oleh teh kembang telang dengan kandungan anti oksidannya. Kandungannya dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam jaringan dan sel kulit. Konsumsi secara berkala, agar mendapatkan khasiat yang maksimal dan kesehatan kulit dapat terjaga secara maksimal.

 

Sudah mengenal si kembang telang yang indah ini? Berminat untuk menjadikannya usaha? Pastikan cari informasi lebih dalam tentang bunga telang ini sebelumnya. Jadi, saat akan melakukan usaha dan budidaya, tidak ada kesalahan. Serta, keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal dan lebih berlimpah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *