Kerajinan Tembaga Boyolali : Bisnis Daerah YANG DIAKUI DUNIA

Posted in Bisnis on

Kerajinan Tembaga Boyolali, Bagaimana Peluang Usahanya?

 

Bagi kebanyakan orang menghiasi rumah adalah bagian dari hobinya. Setiap orang berlomba untuk membuat rumah nampak indah dan nyaman untuk ditinggali. Harapannya dengan rumah yang nyaman, tidak ada perasaan bosan atau tidak ingin pulang ke rumah. Salah satu cara yang digunakan adalah menghiasi rumah dengan berbagai kerajinan tembaga. Apa saja benda yang termasuk didalamnya?

Kerajinan tembaga memiliki banyak peralatan dan perlengkapan yang dapat digunakan untuk menghiasi rumah. Tidak hanya menghiasi rumah, masing-masing peralatan juga dapat digunakan untuk keperluan atau kebutuhan si pemilik rumah. Namun untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan kerajinan ini, anda perlu melihatnya secara dalam dengan membaca pada bagian berikutnya.

Apa Itu Kerajinan Tembaga?

Walaupun telah banyak digunakan untuk mempercantik rumah, tidak banyak orang yang memahami makna kerajinan ini. Kerajinan dari tembaga adalah kerajinan yang dibuat dengan tembaga dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Bentuk yang dimilikki kerajinan ini sangat beragam, diantaranya bathub, wastafel, pigura, hingga berbagai bentuk perabotan lainnya.

Kebanyakan orang menggunakannya untuk memperindah rumah, namun ada pula yang memanfaatkannya untuk keperluan mendasar. Karenanya, bentuk dari kerajinan ini cukup beragam dan anda dapat meminta dibuatkan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, sebelum terlalu jauh, ada baiknya memahami tentang perkembangan kerajinan ini di Indonesia.

 

Sejarah Perkembangan Kerajinan Tembaga di Indonesia

Kerajinan ini sebenarnya muncul sejak zaman Kerajaan Mataram. Di mana, terdapat seorang raja yang memiliki putera, namun puteranya tidak memiliki kesempurnaan tubuh. Hal ini menyebabkan sang raja mengasingkan sang putera dari kerajaan. Setelah anak ini dewasa, Rogosari memulai membangun sebuah Desa yang dikenal dengan Desa Tumang.

BACA JUGA :   (TIPS MUDAH & CEPAT) Membuat SIUP dan TDP

Di Desa inilah Rogosari yang dibantu oleh beberapa orang abdi untuk mengajarkan masyarakat membuat keris. Sedangkan utusan lain membuat kerajinan perak, yang ketiga untuk membuat peralatan rumah tangga dan yang terakhir untuk mengajari menjahit. Keempat kerajinan ini terus dikembangkan oleh masyarakat Desa Tumang. Karena melalui kerajinan ini, kebutuhan akan kehidupan dapat terpenuhi.

Masyarakat desa ini kemudian dapat dikelompokkan dengan beberapa kategori. Di mana, terdapat pengrajin ukir tembaga, penghasil alat dapur alumunium dan pengrajin alat rumah tangga dengan bahan tembaga. Keahlian ini dipertahankan hingga saat ini. Bahkan telah dikombinasikan dengan alumunium dan kombinasi, dengan hasil yang mumpuni dan memiliki peluang keuntungan yang besar.

Hingga akhir tahun 1999, pengrajin mulai memperkenalkan dandang dan kenceng sebagai produk unggulan. Karena perkembangan inilah, Desa Tumang semakin dikenal di manca negara. Namun tidak hanya terbatas pada kerajinan tersebut, juga dapat membuat berbagai peralatan seperti produk eksterior dan interior untuk perkantoran, hotel hingga spa. Karena telah berkembang pula, anda dapat menemukan kerajinan ini di Boyolali hingga Yogyakarta.

 

Sejarah Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Boyolali

Setelah memahami perkembangan kerajinan ini di Indonesia, terdapat daerah di Indonesia yang sangat menonjol dengan kerajinan tembanganya. Daerah yang dimaksud adalah Boyolali yang berada di Jawa Tengah, dimana Ia sangat dikenal dengan kerajinan tembaga boyolali. Sejarah awal pengjarin tembaga di Boyolali adalah penghasilan berbagai kerajinan berupa peralatan rumah tangga dengan tembaga. Namun perubahan terus terjadi dalam beberapa tahun ini.

Di mana, pengrajin mulai mencoba membuat seni ukir tembaga, seperti vase bunga, lampu dinding, pintu, lampu gantung dan berbagai kerajinan tembaga lainnya. Kerajinan yang dihasilkan di daerah ini pun tidak main-main dan cukup berkualitas. Karenanya menjadi komoditas utama untuk mendukung perkenomian daerah Boyolali dan membantu menyuplai semua kebutuhan keluarga pengrajin.

BACA JUGA :   (TIPS MUDAH & CEPAT) Membuat SIUP dan TDP

Dari banyaknya pengrajin yang ada di Boyolali, anda dapat memilih salah satu pengrajin yang dapat memenuhi kebutuhan. Namun untuk dapat memilihnya secara benar, sehingga didapatkan produk kerajinan tembaga yang memiliki kualitas terbaik. Serta, perhatikan kembali, apakah harga yang diberikan pengrajin sudah sesuai dengan harga pasaran atau sebaliknya.

Kesulitan memilih? Untuk membantu direkomendasikan tiga putra gallery yang dapat membantu berbagai kebutuhan perabotan rumah tangga, kantor, maupun spa. Penasaran dengan berbagai produk yang dimilikki oleh galeri ini?

 

Review Produk Kerajinan dari Tiga Putera Gallery

Produk yang disediakan oleh tiga putera Galeri sangatlah beragam. Anda dapat memilih produk mana yang dibutuhkan, beberapa contoh produk yang dimiliki, akan disampaikan dibawah ini,

  1. Air Mancur Tembaga

Air Mancur Tembaga Kerajinan Boyolali

Air mancur tembaga adalah kerajinan yang tepat untuk memperindah bagian eksterior rumah, maupun taman anda. Air mancur ini telah diekspor selaa 6 tahun, karena telah menebus pasaran Eropa dan Amerika. Kualitasnya yang mumpuni adalah alasan air mancur tembaga ini disukai. Sementara keindahannya, menjadi alasan tambahan penggunaannya selalu meningkat.

 

  1. Lampu Gantung

Lampu Gantung Kerajinan Tembaga Boyolali

Produk lain yang dapat diburu di galeri ini adalah produk lampu gantung. Produknya dapat dibuat dengan berbagai bentuk, sesuai dengan kebutuhan. Untuk ukiran, nantinya dapat dipesan dengan keinginan maupun disesuaikan dengan kemampuan pengrajin. Kesan yang ditimbulkan dari penggunaan lampu ini adalah tradisional namun tetap elegan dan mewah.

 

  1. Salib Gereja

Tidak terbatas untuk kebutuhan perabotan rumah tangga atau eksterior ruangan, tembaga juga dapat didesain untuk salib gereja. Telah banyak yang memanfaatkannya sebagai salib gereja. Karena bahannya yang kuat namun harganya tidak terlalu mahal. Masalah desain, dapat disesuaikan dengan keinginan dan pemesanan yang dilakukan pada pengrajin.

BACA JUGA :   (TIPS MUDAH & CEPAT) Membuat SIUP dan TDP

 

  1. Bathup dan Washtafel

Anda berminat untuk membuat sebuah hotel dengan desain yang berbeda? Gunakanlah bathup dan washtafel dengan bahan tembaga. Penggunaannya sangat menguntungkan, terlebih pengguna akan merasakan sensasi nyaman saat menggunakannya. Jika penasaran dan ingin merasakannya, segeralah hubungi Tiga Putera Gallery untuk melakukan pemesanan.

 

  1. Kubah Masjid

Kubah masjid Kerajinan Tembaga Boyolali

Penggunaan kubah tembaga pada masjid, telah banyak dimanfaatkan diberbagai daerah di Indonesia. Penggunaannya disukai karena memberikan kesan mewah pada masjid. Tertarik membuatnya? Anda dapat memanfaatkan layanan Tiga Putra Gallery untuk membuatnya. Kubah tembaga yang dihasilkan akan tahan lama dan awet dengan segala cuaca yang menerpa.

 

  1. Patung

Penggunaan tembaga sebagai salah satu bahan pembuatan patung, tentu sudah tidak mengherankan. Namun untuk membuatnya lebih indah, pengrajin tembaga Tiga Putra Gallery siap membuat berbagai ukiran yang menarik. Terlebih, pengrajin akan membuatnya dengan pembentukan 3 dimensi dan setiap lekukannya sangat berbeda dan dibuat sehalus mungkin.

 

  1. Guci Tembaga

Satu lagi produk yang banyak disukai pelanggan adalah guci tembaga. Guci tembaga dapat dimanfaatkan untuk rumah, kantor maupun bangunan lainnya. Guci sangat cocok dipasang bagian sudut rumah dan ditambahkan dengan kombinasi bunga-bunga. Selain bunga, anda dapat menambahkan penggunaan hiasan lain, agar sudut rumah nampak lebih hidup.

Masih terdapat banyak produk kerajinan tembaga yang dimiliki oleh Tiga Putra Gallery. Untuk lebih jelasnya, disarankan untuk segera mendatangi gallery. Jika tidak memiliki waktu, cobalah mencari informasinya melalui website dan pastikan kembali, produk mana yang akan dipesan dan dibawa pulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *