Internet dan Website : Definisi, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Posted in IT on

Internet : Sejarah, Fungsi, Manfaat Hingga Website

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, internet adalah kebutuhan dari setiap orang. Namun, tidak banyak orang yang memahami makna dari internet tersebut. Tidak hanya internet, terdapat intranet dan website yang juga banyak digunakan dalam kehidupan harian. Dan secara umum, tidak banyak yang memahami pengertian dari intranet, internet dan website, hingga akhirnya terjadi berbagai kesalahan.

Untuk memahami pengertian dari internet, intranet hingga website dapat mencarinya melalui berbagai referensi. Namun, untuk membantu anda, pada kesempatan ini akan disampaikan penjelasan-penjelasan terkait internet hingga website. Jika benar-benar ingin mengetahui penjelasan terkaitnya, jangan lewatkan kesempatan untuk membaca informasi pada bagian-bagian yang berikutnya.

 

Apa Itu Internet?

Walaupun sudah banyak digunakan pada zaman ini, tidak banyak yang memahami makna lengkap dari internet. Sehingga penggunaan internet, tidak dilakukan secara maksimal dan fungsi internet tidak berjalan dengan lancar. Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya mencari tahu pemahaman lengkap dari internet. Di mana internet adalah suatu jaringan yang menghubungkan satu media dengan media lainnya.

Sementara pandangan lain memberikan pendapat bahwa internet adalah singkatan dari interconnection-networking. Di mana, terdapat penjelasan bahwa internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung dengan standar sistem global TCP/IP. Penggunanya dapat berjumlah ratusan ribu hingga miliaran di seluruh dunia.

Secara singkat, internet dapat diartikan sebagai kumpulan dari jutaan komputer yang tersedia di seluruh dunia. Di mana, seluruhnya saling terkoneksi satu dengan yang lain. Media koneksinya cukup beragam, salah satunya dengan sateliti maupun koneksi wireless. Sehingga, pekerjaan internet dapat dilakukan dengan mudah dan tidak merepotkan penggunanya.

Apa Itu Internet? Apa Itu Intranet?

Apa Itu Intranet? Apa Bedanya dengan Internet?

Selain internet, untuk dapat terkoneksi antara media satu dengan yang lain, terdapat koneksi yang memiliki nama intranet. Intranet adalah jaringan pribadi yang digunakan untuk saling berbagi informasi dalam jaringan lokal. Pada umumnya, jaringan ini digunakan oleh perusahaan, kantor, universitas, hingga sekolah. Singkatnya, jaringan internet adalah jaringan yang memiliki koneksi terbatas.

Dalam kesempatan lain, terdapat pandangan berbeda tentang intranet. Di mana, pandangan ini menyampaikan intranet adalah jaringan yang cukup besar dan bersifat privat. Biasanya disambungkan dengan saluran telpon maupun satelit. Namun koneksi ini tidak dapat digunakan oleh semua orang, karena jaringan ini dibuat untuk orang-orang tertentu dalam perusahaan maupun instansi.

Bila kepanjangan internet adalah interconnected network, maka kepanjangan dari intranet adalah internal network. Di mana jaringan ini hanya terhubung dalam lingkungan yang kecil. Di mana, digunakan untuk sekolah, perusahaan maupun instansi lainnya. Setelah memahami pengertiannya, terdapat perbedaan dari internet dan intranet. Apakah perbedaan yang dimaksud?

Internet memiliki cakupan akses yang global, sementara intranet memiliki cakupan yang terbatas. Hal yang membedakan pula adalah cara pemakaian teknologi untuk komunikasi. Internet membutuhkan komunikasi melalui saluran telekomunikasi, sedangkan intranet membutuhkan koneksi antar kelompok kerja dalam lingkungan. Karenanya pengguna internet dan intranet jelas berbeda satu dengan lainnya.

 

Pengertian Internet Menurut Ahli

Internet menurut ahli

Setelah memahami pengertian internet secara singkat, waktunya memahami pandangan ahli tentang internet. Apakah sama dengan penjelasan sebelumnya? Mari cari tahu dibagian bawah ini,

1. Pengertian Internet Menurut Oetomo

Menurut Oetomo, internet adalah singkatan dari international nerwork. Di mana internet diartikan sebagai suatu jaringan komputer yang besar. Jaringan komputer inilah yang terdiri dari jutaan jaringan-jaringan kecil yang memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Penjelasan Oetomo ini, dapat dicari tahu lebih lanjut dalam bukunya yang diterbitkan tahun 2002.

 

2. Pengertian Internet Menurut Sibero

Pandangan lain tentang pengertian internet turut disampaiakn oleh Sibero pada tahun 2011. Di mana internet diartikan sebagai inter-connected network. Secara singkat Sibero menyampaikan bahwa internet adalah jaringan komputer yang menghubung komputer dengan komputer lainnya secara global. Sehingga dapat berhubungan walaupun berada dalam jarak yang jauh.

 

3. Pengertian Internet Menurut Onno Purbo

Berikutnya adalah pandangan Purbo yang tercantum dalam Prihatna, yang menyampaikan bahwa internet adalah suatu media yang dipakai untuk mengefisienkan proses komunikasi. Dalam hal ini disambungkan dengan berbagai aplikasi, diantaranya web, VoIP dan E-mail. Penjelasan terkait internet dari Purbo dapat dicari tahu lebih dalam di Buku Prihatna tahun 2005.

 

4. Pengertian Internet Menurut Heywood

Heywood memiliki pandangan yang tidak jauh berbeda dengan pandangan-pandangan sebelumnya. Di mana, Heywood menyatakan bahwa internet adalah istilah teknologi yang muncul pada akhir tahun 60-an. Internet juga menjadi sebuah standar baru untuk melakukan komunikasi antar komputer dan media lainnya.

 

5. Pengertian Internet Menurut Supriyanto

Sebagai pelengkap terdapat pandangan dari Supriyanto tentang internet. Di mana internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia. Hubungan ini memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi, seperti telepon dan satelit yang memiliki protokol standar dalam melakukan komunikasi.
Secara singkat, dapat disimpulkan bahwa internet memiliki pengertian sebagai jaringan yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Dan kini telah berkembang, sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis gadget, termasuk handphone dan tablet.

 

Fungsi dan Manfaat Internet

Setelah memahami berbagai pengertian dari internet, mungkin anda penasaran dengan fungsi internet. Apakah fungsinya cukup memuaskan? Mari cari tahu, pada bagian berikutnya,

Manfaat, Fungsi internet

1. Alat dan Media Informasi

Satu yang sangat nampak dari penggunaan internet adalah sebagai media komunikasi. Internet dapat digunakan untuk siapa saja dalam waktu yang tak terbatas, yaitu pagi hingga malam. Karena fungsi inilah, sarana pertukaran informasi dapat dilakukan dengan mudah. Dan keterbatasan informasi tidak lagi dirasakan oleh pembaca dan masyarakat pada umumnya.

 

2. Sarana Kegiatan Pendidikan

Saat belajar, tentu dibutuhkan banyak informasi terkait hal dipelajari. Dulu pencarian informasi mungkin sulit dilakukan, namun dengan internet pencarian informasi dapat dilakukan dengan lebh mudah. Anda dapat menggunakan gadget apapun yang terkoneksi internet untuk mencari data-data terkait untuk pembelajaran.

 

3. Media Hiburan

Setelah lelah bekerja dan belajar, tentunya pikiran membutuhkan waktu lain untuk hiburan. Dalam hal ini, dengan memanfaatkan internet untuk media sosial. Dalam media sosial tersedia banyak konten menarik yang dapat menghibur diri. Atau memanfaatkan internet untuk menyalurkan hobi, seperti membuat beberapa aktivitas yang berhubungan dengan kreativitas.

 

4. Sarana Komunikasi

Dalam menghubungi orang lain, tentu diharapkan jawaban yang cepat. Inilah manfaat yang akan didapat dari penggunaan internet. Di mana, telah hadir banyak media sosial yang dapat memperlancar aktivitas komunikasi. Menariknya, media sosial ini memberikan berbagai fitur menarik yang menambahkan hiburan bagi pemilik akun.

 

5. Media Niaga (Pemasaran)

Terakhir, internet adalah sarana yang tepat untuk media niaga. Di mana, internet dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk ke pasar secara lebih luas. Tidak hanya promosi, anda juga dapat membeli produk-produk yang dibutuhkan dengan bantuan internet. Karenanya, internet dianggap dapat membantu untuk berbagai keperluan manusia.

Sebenarnya masih terdapat banyak fungsi dari internet. Mungkin anda pun dapat menyebutkannya secara satu per satu. Namun, lima penjelasan di ataslah yang merupakan fungsi utama dari internet.

 

Sejarah Penemuan Internet

Sejarah Internet

Setelah berbicara panjang lebar tentang internet dan fungsinya, ada baiknya memahami sejarah penemuan internet. Jadi, tidak ada informasi yang terlewat tentang internet. Internet adalah jaringan komputer yang berasal dan dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika. Proyek ini diperkenalkan pada tahun 1969, melalui proyek lembaga yang mengembangkan ARPANET.

ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network, mendemokrasikan hardware dan software komputer yang awalnya berbasikan UNIX. Pada awalnya, tujuan proyek ini dipergunakan untuk keperluan militer. Di mana, sistem jaringan akan tersebar dan dapat menghubungkan komputer di daerah-daerah vital. Utamanya untuk mengatasi masalah, jika terdapat serangan nuklir dan mencegah informasi yang terpusat. Dan dapat dihancurkan dengan mudah, jika terjadi perang di sekitarnya.

Karena tujuan awalnya hanya dimanfaatkan untuk keperluan militer, ARPANET hanya menghubungkan 4 situs. Situs yang dimaksud adalah Stanford Research Institute, Santa Barbara, Utah University dan California University. Kemudian diperkenalkan pada tahun 1972 di bulan Okktober. Namun setelahnya, proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, karena semua universitas di negera ini ingin bergabung.

Pada saat yang sama pula, ARPANET mulai kesulitan untuk mengaturnya. Karenanya, ARPANET dipecah menjadi dua bagian, yaitu MILNET yang bergerak dalam bidang Militer. Sedangkan ARPANET untuk keperluan non-militer seperti univeritas. Gabungan antara keduanya, dikenal dengan DARPA internet, yang kini kemudian dikenal dengan Internet dan berkembang hingga ke seluruh dunia.

 

Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah Perkembangan Internet

Secara garis besar, perkembangan internet telah disampaikan pada bagian sebelumnya. Namun tidak dengan perkembangannya secara mendunia. Di mana, internet dan protokol standar dari TCP/IP dipubilkasikan pada tahun 1982. Namun penggunaan domain, baru dikenal dan digunakan pada 1984. Pada masa-masa inilah, internet terus berkembang dan digunakan oleh berbagai kelompok.

Pada tahun 1986, NSFNET mulai menggantikan peran dari ARPANET. Di mana, NSFNET menjadi wadah riset khusus untuk Amerika Sekitar. Bersamaan dengan ini pula, berbagai jaringan internasional mulai muncul dan dikembangkan oleh NSFNET. Hingga akhirnya, pada tahun 1990 ARPANET diturunkan. Dan perkembangannya terus bertahan hingga saat ini.

Dulu, informasi yang didapatkan melalui internet hanya dapat berbentuk teks. Namun pada beberapa tahun belakangan, perkembangan tampilan grafis semakin maju. Di mana, pengguna telah mengenal WWW atau World Wide Web yang dikembangkan pula oleh CERN. Hingga pada tahun 1993, InterNIC didirikan untuk dapat melayani dan mengelola pendaftaran nama domain dari publik.

Secara singkat, begitulah perkembangan internet hingga dapat diterima di seluruh dunia. Sementara internet diterima di Indonesia pada tahun 1994. Pada masa-masa inilah internet dikenal oleh masyarakat dan dapat digunakan hingga masa kini. Namun untuk perkembangan lebih jelas tentang kemajuan dan perkembangannya di Indonesia, anda dapat mencari tahunya pada bagian berikutnya.

 

Sejarah WWW (World Wide Web)

Siapa diantara anda yang tidak mengenal WWW? WWW kerap digunakan, saat akan menggunakan internet. Di mana, WWW digunakan sebagai alamat dari sebuah website. Lantas bagaimana sejarah WWW dalam dunia maya ini? Sosok pencipta WWW adalah Tim Berners-Lee. Ide awalnya adalah menyediakankebutuhan komunikasi tambahan, khususnya saat menghadai bencana besar.

Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan internet pada zamannya, yaitu untuk keperluan militer. Sehingga, pengaplikasiannya di masa lalu dilakukan pada ARPANET di tahun 1960 hingga tahun 70an. Bahasa yang digunakan untuk WWW adalah HTML. Sehingga dapat lebih mudah dibaca oleh manusia pada layar komputer. Selama digunakan, terdapat berbagai perkembangan pesat pada penggunaannya.

Salah satunya perkembangan pada tahun 1990 dan 1991, di mana Berners-Lee mengeluarkan tools dan protocol untuk melengkapi kebutuhan internet. Hingga akhirnya, internet menjadi sarana komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Perkembangan terbarunya, Barners-Lee membangun sebuah organisasi World Wide Web Foundation yang bertujuan untuk membagikan open web pada masyarakat.

 

Sejarah Internet di Indonesia

Sama seperti negara lain, Indonesia turut menikmati kemudahan setelah internet muncul. Sebelum perkembangannya, ada baiknya memahami sejarahnya di Indoneia. Di mana, internet di Indonesia mulai dikenal pada awal tahun 90an. Pada masa itu, internet di Indonesia dikenal dengan paguyuban network. Di mana semangat dasarnya adalah kekeluargaan dan gotong royong.

Pada awal perkembangannya, internet di Indonesia dikenal sangat hangat. Namun beralih, setelah beberapa tahun belakangan. Di mana, perkembangannya terasa lebih komersial dan individual. Setiap aktivitasnya dimanfaatkan untuk perdagangan internet. Sementara pada tahun 1988, pengguna internet di Indonesia ada yang telah menggunakan CIX dan Compuserve untuk mengaksesnya.

Menurut informasi, IP pertama yang muncul di Indonesia, dicatatkan oleh Universitas Indonesia. Di mana dilakukan oleh beberapa orang legendaris yang turut membangun internet di Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Setiap tokoh yang terlibat kemudian mengontribusikan kemampuannya untuk membangun bagian-bagian penting dalam sejarah jaringan komputer di Indonesia.

 

Definisi Website

Apa Itu Website

website : arsitektura.com

Saat menggunakan internet, tentunya akan sangat familiar dengan website. Website adalah sekumpulan halaman pada suatu domain di internet. Tujuan pembuatannya beragam, salah satunya untuk saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Website dapat diakses secara mudah dengan home page pada sebuah browser, dengan memanfaatkan URL website.

Dapat dikatakan pula bahwa website merupakan alamat dari sebuah blog atau akun yang dimiliki. Tanpa keberadaannya, mungkin saja anda tidak dapat sampai kealamat tujuan blog. Singkatnya, keberadaan website penting untuk blog yang dimilikki. Di dalam website, terdapat beberapa hal penting yang harus dimilikki. Diantaranya, domain, hosting dan konten. Apakah maksud dari ketiganya?

1. Apa Itu Domain

Domain adalah merk dari website yang dimiliki. Penggunaan domain penting, karena disinilah orang lain akan memahami dan tertarik untuk memasuki atau tidak, sebuah website. Pembuatan domain atau merk yang menarik, akan membantu pembaca untuk mengingatnya. Sehingga memiliki keinginan untuk kembali lagi dilain waktu dan membaca di blog yang dimaksud.

 

2. Apa Itu Konten / Artikel Website

Selain domain, dalam website terdapat konten. Konten yang dimasukkan dalam website dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal ini disesuaikan dengan tujuan anda menggunakan website tersebut. Konten yang dibuat dapat berupa teks, gambar hingga video. Bila dilihat dari konten yang dimasukkan, terdapat berbagai macam website, seperti sosial media.

 

3. Apa Itu Hosting

Terakhir, bagian penting yang dibutuhkan adalah hosting. Hosting dibutuhkan untuk menyimpan semua database, seperti gambar, video, teks dan yang lainnya. Untuk anda yang ingin memiliki hosting, dapat memilih beberapa penyedia jasa yang ada di Indonesia. Jika tidak mendapatkan tempat terbaik, mintalah rekomendasi dari rekanan yang pernah menggunakannya.

Setelah memahami tentang website secara umum dan beberapa bagian penting lainnya, apakah anda penasaran dengan sejarah penemuan website? Jika demikian, lanjutkan pembacaan dibagian berikutnya.
Sejarah Penemuan Website

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, website pertama kali dibuat oleh Berners-Lee di akhir tahun 1980an. Namun baru digunakan secara online pada tahun 1991. Tujuan awal pembuatan website adalah memudahkan para peneliti di tempat kerjanya, saat akan bertukar informasi ataupun melakukan perubahan pada informasi yang telah diterima.

Selama beberapa tahun, perubahan-perubahan telah dilakukan oleh Berners-Lee. Hingga akhirnya, permintaan publik untuk menggunakan website semakin meningkat. Namun pelaksanaannya, baru dilakukan pada 30 April 1993. Di tahun ini pula, website dapat digunakan secara gratis oleh publik, yang diumukan secara langsung oleh CERN.

Setelah diumumkan oleh CERN, website dapat diakses oleh setiap orang. Hal ini juga tidak terbatas bagi setiap orang dimana dan kapanpun. Karena telah terbuka secara publik, perkembangan penggunaan website semakin pesat. Hingga dimanfaatkan diberbagai tempat di dunia, termasuk di Indonesia yang mengenal internet dan website pada tahun 1990an awal.

 

Sejarah Perkembangan Website

Website yang dikembangkan sejak tahun 1990, kemudian menjadi semakin populet. Di mana kini menjadi layanan internet dengan pengguna dan pemanfaat terbanyak. Bahkan sebagian pengguna internet, memahami bahwa web hanyalah satu-satunya layanan dalam internet. Teknologi Web terus bergulir, sejak era 1.0 hingga 3.0. Namun penjelasan dari masing-masing versi, tidak pernah dipahami.
Dari setiap versi web yang dikeluarkan rupanya dipahami terdapat pola yang berbeda. Adapun penjelasan tentang pola tersebut akan disampaikan pada bagian berikut ini,

1. Perkembangan Web 1.0

Web dengan jenis ini mulai dikenal sejak era 90an. Ciri utamanya adalah informasi yang masih bersifat statis dan memiliki ciri khas yang tidak interaktif. Selain itu, informasi yang diberikan masih berupa text dan gambar. Ciri khas yang sangat kental adalah kombinasi warna dan textnya yang masih minim, karena terbatas pada 16 warna dan 6 font.

 

2. Perkembangan Web 2.0

Jenis selanjutnya adalah jenis yang telah digunakan sejak tahun 2005 hingga saat ini. Ciri hanya adalah didominasi oleh jejaring sosial. Menariknya dari jenis ini, anda dapat melakukan pertukaran informasi dengan berbagai bentuk, seperti animasi, video, audio, gambar dan text. Penggunaannya sangat menyenangkan, hingga disukai oleh berbagai pengguna.

 

3. Perkembangan Web 3.0

Generasi berikutnya adalah generasi Web 3.0 ada pada akese mobile, personalifikasi dan semantic we. Beberapa website yang dianggap sebagai cikal bakal dari generasi ini adalh instagram. Karena layanan ini hanya dapat digunakan melalui mobile device. Ciri khas dari generasi ini adalah integrasi web ke berbagai bentuk produk rumah tangga, termasuk home entertainment.

Secara singkat, dapat diketahui bahwa website terbagi menjadi tiga bagian, sesuai generasinya. Dalam hal ini, website statis, website dinamis dan website interaktif. Semuanya berubah disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan zaman, yang terus memberikan kewajiban agar perubahan selalu terjadi.

 

Jenis-Jenis Website

Setelah memahami berbagai bagian dan generasi dari website, waktunya anda memahami berbagai jenis website yang tersedia. Karena tidak hanya satu jenis website yang ada. Berikut penjelasannya,

1. Website Toko Online

Toko online adalah beberapa usaha yang saat ini sedang digilai oleh masyarakat Indonesia. Saat menggunakannya dengan benar, maka keuntungan yang didapat akan sangat berlimpah. Jika menggunakan tool yang tepat, maka dalam waktu beberapa menit toko online sudah dapat diakses oleh pengguna dan calon pembeli melalui internet.

 

2. Website Government / Pemerintahan

Tidak hanya toko online, website juga dapat digunakan oleh pemerintah lokal. Di mana, pada website ini akan disampaikan berbagai informasi dari suatu daerah, termasuk peraturan yang ada didalamnya. Salah satu contoh website pemerintah yang memiliki kualitas bagus adalah provinsi DKI Jakarta. Jika penasaran, cobalah untuk mengunjungi website yang dimaksud.

 

3. Blog

Website juga dapat digunakan sebagai blog, isinya dapat berbagai artikel dengan tema-tema berbeda. Hal ini dapat disesuaikan dengan tujuan anda untuk membuat blog, sehingga dapat berbagai pengetahuan yang dipahami. Untuk setiap blog, dapat dimanfaatkan untuk berbagai informasi yang beragam. Namun disesuaikan dengan tingkat minat pembaca.

 

4. News Portal

Karena keseharian lebih banyak dihabiskan dengan handphone, website banyak digunakan untuk news portal. Dalam hal ini untuk menyampaikan berbagai informasi terkait berita politik, opini dan sebagainya. Hingga saat ini tersedia berbagai website news portal yang dapat dikunjungi. Tapi usahakan untuk memperhatikan, apakah news portal yang valid atau sebaliknya.

 

5. Company Profile

Jenis website lainnya adalah jenis company profile. Jenis ini merupakan website yang sederhana dan termasuk jenis statis. Biasanya jenis ini digunakan untuk perusahaan dan menyampaikan informasi bisnis. Contohnya, informasi tentang produk atau jasa, visi misi hingga halaman kontak perusahaan. Untuk membantu menarik pelanggan, website harus dibuat dengan informasi jelas. Contohnya Anda dapat melihat salah satu website company profile jasa pemasangan internet disini : mncvisionid.com

 

6. Dating

Banyak manfaat unik yang didapat dari penggunaan website. Salah satunya untuk menemukan seseorang yang dapat dijadikan pasangan untuk hubungan jangka panjang. Banyak website yang memberikan biaya, namun ada pula yang memberikannya secara gratis. Namun untuk menemukannya, harus dilakukan secara hati-hati, sehingga tidak menjadi masalah di lain hari.

 

7. Personal

Terakhir, terdapat website miliki individu maupun kelompok kecil. Informasi yang disampaikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya, website tentang seorang selebriti yang dijalankan oleh komunitas fans. Atau beberapa konten lainnya yang dapat disesuaikan dengan hal-hal favorit dari pemilik website.
Masih terdapat banyak jenis website yang disesuaikan dengan fungsinya. Jadi, tidak perlu khawatir jika nantinya ditemukan website-website lain yang berbeda dari penjelasan di atas. Tapi, apakah sebenarnya manfaat dari website?

 

Manfaat Penggunaan Website

Setelah memahami berbagai hal terkait website, anda perlu memahami manfaat dari website. Penjelasannya, ada pada bagian berikut ini,

1. Menghasilkan Uang

Cara yang banyak dimanfaatkan saat menggunakan website adalah menghasilkan uang. Di mana, anda dapat menjadi blogger dan mendapatkan banyak kerja sama. Dari sinilah, akan didapatkan dana tambahan, dari iklan yang dimasukkan Google. Semakin banyak kerja sama yang dilakukan, maka semakin banyak dana yang dihasilkan.

 

2. Personal Branding

Website adalah salah satu cara yang dapat menjadi metode personal branding. Dalam hal ini, untuk membuat personal branding yang kuat serta terpercaya. Melalui website, dapat dibagikan berbagai hasil karya dan portofolio, seperti tulisan, musik hingga desain grafis. Jika telah memilikinya, bukan tidak mungkin akan mendapatkan berbagai rekanan yang lebih luas.

 

3. Berbagi Informasi

Terakhir, website dapat dimanfaatkan untuk berbagai cerita dan informasi. Contohnya, anda dapat melihat website dari Raditya Dika yang sukses menyampaikan cerita. Tidak hanya pengalaman, anda juga dapat membagikan informasi lain, seperti masalah keuangan, kuliner dan hal-hal lain yang disukai dan dirasa pantas untuk dibagikan.
Masih tidak mau menggunakan internet dan segala kemudahannya? Jangan sampai ketinggalan zaman dan tidak memahami manfaat maksimalnya. Karena mungkin saja, keuntungan datang setelah memanfaatkannya.

Itulah informasi seputar dunia internet, sejarah internet, hingga manfaat penggunaan internet yang kami berikan. Jika Anda membutuhkan akses internet, silahkan Anda dapat menggunkan mnc vision id, disana Anda dapat mengakses internet dengan sesuka hati Anda.

 

Terimakasih telah membaca dan Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *