Yuk Kenali 5 Penyakit Yang Dibawa Lalat Masuk Dalam Rumah

Posted in Kesehatan on
Tags:

Yuk Kenali 5 Penyakit yang Dibawa Lalat Masuk Dalam Rumah

Semua orang pasti akan setuju jika lalat adalah hewan kotor yang membawa bibit penyakit, apalagi jika hewan tersebut masuk rumah dan hinggap di makanan. Jadi, tidak heran lagi jika ada banyak orang yang mencari cara mengusir lalat dari rumah yang ampuh. Sebab hewan tersebut berpotensi menularkan penyakit. Dikutip dari buku Ilmu Kedokteran Pencegahan & Komunitas (2009) karya dr. Budiman Candra, ada beberapa jenis penyakit yang bisa ditularkan oleh lalat rumah. Yuk simak disini.

5 Penyakit Manusia yang Dibawa Oleh Lalat

Ilustrasi Lalat

Sumber : Cap-Gajah.com

1. Penyakit Diare

Diare atau mencret adalah kondisi dimana seseorang mengalami buang air besar lebih sering, dibandingkan dengan biasanya. Dimana salah satu faktor penyakit ini disebabkan oleh makanan yang mungkin saja sudah terkontaminasi dengan bakteri penyebab diare. Yang mana bakteri tersebut dibawa dan juga ditularkan oleh lalat yang hinggap di makanan.

2. Penyakit Demam Tifoid dan Paratifoid

Kedua jenis demam ini merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi akut pada usus halus yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi. Dimana penyakit satu ini akan muncul gejala demam lebih dari satu minggu, gangguan kesadaran, serta mengalami gangguan saluran pencernaan. Untuk itu jika Anda mendapati lalat di rumah, maka segera basmi. Salah satu cara mengusir lalat dari rumah yang ampuh adalah menggunakan lem lalat.

3. Penyakit Gastroenteritis

Tidak hanya menyebabkan diare, bakteri dan kuman yang dibawa oleh lalat juga bisa menyebabkan gastroenteritis. Dimana gastroenteritis sendiri adalah muntah dan diare yang diakibatkan oleh infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama di bagian lambung. Kondisi ini bisa terjadi, ketika penghuni rumah mengkonsumsi makanan yang sudah dihinggapi lalat.

BACA JUGA :   Pengertian Tindakan Kesehatan Hidup bersih pada Anak dan Contohnya

4. Penyakit Trakoma

Trakoma merupakan salah satu infeksi yang terjadi pada mata, dimana kondisi ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Yang mana bakteri tersebut, menempel pada tubuh lalat yang hinggap pada makanan yang dikonsumsi oleh penderita. Penyakit ini biasanya akan menyerang pada mata dan kelopak mata terlebih dahulu, dengan gejala awal berupa iritasi dan gatal ringan.

5. Antraks

Tidak hanya menyebabkan penyakit ringan, lalat juga membawa bibit penyakit yang berbahaya seperti antraks. Dimana penyakit ini disebabkan oleh bakteri pembentuk spora Bacillus anthracis, dengan gejala seperti demam, sakit kepala, sakit perut, hingga nyeri dan pembengkakan di perut. Untuk itu, penting yang namanya menjaga kebersihan agar lalat tidak hinggap pada makanan. Namun cara mengusir lalat dari rumah yang ampuh adalah dengan menggunakan lem perangkap.

Lalat biasanya hidup di tempat yang kotor dan suka hinggap di sampah, makanan basi, hingga kotoran. Tidak heran jika hewan satu ini banyak membawa bibit penyakit. Maka dari itu, membasmi lalat adalah langkah tepat yang harus dilakukan. Cara paling efektif untuk mengusir hewan ini adalah dengan lem perekat, yang ampuh menjebak banyak lalat. Lem merek Cap Gajah dikenal super lengket, tidak menimbulkan bau, dan tidak beracun merupakan pilihan tepat untuk membasmi lalat di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *