Sejarah Internet Dan Dampak Positif Negatifnya

Posted in Perkembangan Internet on

[pgp_title]

Sejarah Internet Dan Dampak Positif Negatifnya

Sejarah Internet Dan Dampak Positif Negatifnya - Di zaman yang serba canggih seperti dikala ini, internet yakni sebuah keperluan dari tiap-tiap insan. Namun, tidak banyak orang yang memahami makna dari dunia online tersebut. Tak hanya dunia online, ada juga intranet dan website yang juga banyak diaplikasikan dalam kehidupan harian. & secara lazim, tak banyak yg memahami pengertian dari intranet, internet serta situs, hingga walhasil terjadi bermacam-macam kekeliruan.

Untuk memahami pengertian dari dunia online, intranet sampai website dapat mencarinya lewat bermacam rujukan. Tapi, untuk membantu anda, pada kans ini akan diberi tahu penjelasan-penjelasan terkait dunia online sampai laman. Apabila benar-benar mau mengenal penjelasan terkaitnya, jangan lewatkan peluang untuk membaca berita pada komponen-bagian yang berikutnya.

Sejarah Internet Dan Dampak Positif Negatifnya

Apakah Itu Internet?

Walaupun telah banyak diaplikasikan pada zaman ini, tidak banyak yang memahami makna lengkap dari internet. Sehingga pemakaian dunia online, tak dilakukan secara maksimal dan fungsi dunia online tak berjalan dengan lancar. Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya mencari tahu pemahaman lengkap dari dunia online. Di mana dunia maya ialah suatu jaringan yg mengaitkan satu media dengan media lainnya.

Sementara pandangan lain memberikan pendapat bahwa dunia maya adalah singkatan dari interconnection-networking. Di mana, terdapat penjelasan bahwa dunia online merupakan keseluruhan jaringan komputer yg saling terhubung dengan standar metode global TCP/IP. Penggunanya bisa berjumlah ratusan ribu sampai miliaran di semua dunia.

Secara singkat, dunia online bisa diartikan sebagai kumpulan dari jutaan komputer yang tersedia di semua dunia. Di mana, seluruhnya saling terkoneksi satu dengan yang lain. Media koneksinya cukup bermacam-macam, salah satunya dengan sateliti maupun koneksi wireless. Sehingga, pekerjaan dunia online dapat dilakukan dengan gampang & tidak merepotkan penggunanya.

 

Apa Itu Intranet? Apa Bedanya dengan Internet?

Selain internet, untuk dapat terkoneksi antara media satu dengan yg lain, terdapat koneksi yg memiliki nama intranet. Intranet yaitu jaringan pribadi yg digunakan untuk saling berbagi kabar dalam jaringan lokal. Pada lazimnya, jaringan ini diterapkan oleh perusahaan, kantor, universitas, sampai sekolah. Simpelnya, jaringan dunia online ialah jaringan yg mempunyai koneksi terbatas.

Dalam kans lain, terdapat pandangan berbeda tentang intranet. Di mana, pandangan ini mempersembahkan intranet yaitu jaringan yg cukup besar dan bersifat privat. Umumnya disambungkan dengan saluran telpon ataupun satelit. Melainkan koneksi ini tidak dapat diaplikasikan oleh semua orang, sebab jaringan ini dihasilkan untuk orang-orang tertentu dalam perusahaan maupun instansi.

Sekiranya kepanjangan internet yaitu interconnected network, maka kepanjangan dari intranet adalah internal network. Di mana jaringan ini cuma terhubung dalam lingkungan yg kecil. Di mana, digunakan untuk sekolah, perusahaan ataupun instansi lainnya. Setelah memahami pengertiannya, terdapat perbedaan dari internet serta intranet. Apakah perbedaan yg dimaksud?

internet memiliki cakupan akses yang global, sementara intranet mempunyai cakupan yang terbatas. internet yg membedakan pula ialah sistem pemakaian teknologi untuk komunikasi. internet membutuhkan komunikasi melalui saluran telekomunikasi, meski intranet membutuhkan koneksi antar golongan kerja dalam lingkungan. internet pengguna dunia online dan intranet jelas berbeda satu dengan lainnya.

BACA JUGA :   Sejarah Internet Indonesia Singkat

 

Pengertian Internet Menurut PakarĀ 

Setelah memahami pengertian dunia online secara singkat, waktunya memahami pandangan pakar tentang dunia maya. Apakah sama dengan penjelasan sebelumnya? ayo cari tahu dibagian bawah ini,

PENGERTIAN INTERNET MENURUT PAKAR

  1. Pengertian Internet Menurut Oetomo
    Menurut Oetomo, internet adalah singkatan dari international nerwork. Di mana internet diartikan sebagai suatu jaringan komputer yang besar. Jaringan komputer inilah yang terdiri dari jutaan jaringan-jaringan kecil yang memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Penjelasan Oetomo ini, dapat dicari tahu lebih lanjut dalam bukunya yang diterbitkan tahun 2002.

  2. Pengertian Internet Menurut Sibero
    Pandangan lain tentang pengertian internet turut disampaiakn oleh Sibero pada tahun 2011. Di mana internet diartikan sebagai inter-connected network. Secara singkat Sibero menyampaikan bahwa internet adalah jaringan komputer yang menghubung komputer dengan komputer lainnya secara global. Sehingga dapat berhubungan walaupun berada dalam jarak yang jauh.

  3. Pengertian Internet Menurut Onno Purbo
    Berikutnya adalah pandangan Purbo yang tercantum dalam Prihatna, yang menyampaikan bahwa internet adalah suatu media yang dipakai untuk mengefisienkan proses komunikasi. Dalam hal ini disambungkan dengan berbagai aplikasi, diantaranya web, VoIP dan E-mail. Penjelasan terkait internet dari Purbo dapat dicari tahu lebih dalam di Buku Prihatna tahun 2005.
  4. Pengertian Internet Menurut Heywood
    Heywood memiliki pandangan yang tidak jauh berbeda dengan pandangan-pandangan sebelumnya. Di mana, Heywood menyatakan bahwa internet adalah istilah teknologi yang muncul pada akhir tahun 60-an. Internet juga menjadi sebuah standar baru untuk melakukan komunikasi antar komputer dan media lainnya.

  5. Pengertian Internet Menurut Supriyanto
    Sebagai pelengkap terdapat pandangan dari Supriyanto tentang internet. Di mana internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia. Hubungan ini memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi, seperti telepon dan satelit yang memiliki protokol standar dalam melakukan komunikasi.

Secara singkat, dapat disimpulkan bahwa internet memiliki pengertian sebagai jaringan yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Dan kini telah berkembang, sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis gadget, termasuk handphone dan tablet.

 

Fungsi dan Manfaat Internet

Setelah memahami pelbagai pengertian dari internet, mungkin anda penasaran dengan fungsi dunia online. Apakah fungsinya cukup memuaskan? Mari cari tahu, pada bagian selanjutnya,

  1. Alat & Media Informasi
    Satu yg benar-benar nampak dari pengaplikasian internet yakni sebagai media komunikasi. Internet bisa diterapkan untuk siapa saja dalam waktu yg tidak terbatas, merupakan pagi hingga malam. Karena fungsi inilah, sarana pertukaran berita dapat dilakukan dengan gampang. serta keterbatasan berita tak lagi dirasakan oleh pembaca dan masyarakat pada lazimnya.
  2. Sarana Kesibukan Pengajaran
    Saat belajar, tentu dibutuhkan banyak informasi berhubungan hal dipelajari. Dulu pencarian isu mungkin susah dikerjakan, melainkan dengan dunia online pencarian informasi dapat dilakukan dengan lebh mudah. Anda bisa menerapkan gadget apapun yang terkoneksi internet untuk mencari data-data berhubungan untuk pembelajaran.
  3. Sarana Hiburan
    Sesudah lelah berprofesi dan belajar, tentunya pikiran membutuhkan waktu lain untuk hiburan. Dalam hal ini, dengan memanfaatkan internet untuk media sosial. Dalam media sosial tersedia banyak konten menarik yang bisa menghibur diri. Atau memanfaatkan internet untuk menyalurkan hobi, seperti membuat sebagian kesibukan yg terkait dengan kreativitas.
  4. Media Komunikasi
    Dalam menghubungi orang lain, tentu diharapkan jawaban yang cepat. Inilah manfaat yg akan diperoleh dari penerapan dunia online. Di mana, sudah hadir banyak media sosial yang dapat memperlancar aktivitas komunikasi. Menariknya, media sosial ini memberikan beraneka fitur menarik yang menambahkan hiburan bagi pemilik akun.
  5. Media Niaga
    Terakhir, internet merupakan sarana yg pas untuk media niaga. Di mana, internet dapat dimanfaatkan untuk memberi tahu produk ke pasar secara lebih luas. Tidak cuma promosi, Kamu juga bisa membeli produk-produk yang dibutuhkan dengan bantuan internet. Maka, internet dianggap dapat membantu untuk bermacam keperluan manusia.
BACA JUGA :   Manfaat Internet Menurut Ahli

Hakekatnya masih terdapat banyak fungsi dari dunia maya. Mungkin anda pun dapat menyebutkannya secara satu per satu. Namun, lima penjelasan di ataslah yang adalah fungsi utama dari dunia online.

 

Sejarah Temuan Internet

Setelah berbicara panjang lebar tentang internet & fungsinya, ada pantasnya memahami sejarah penemuan dunia maya. Jadi, tidak ada info yang terlewat perihal internet. Internet yakni jaringan komputer yg berasal dan dijadikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. Proyek ini dikenalkan pada tahun 1969, melalui proyek lembaga yg mengoptimalkan ARPANET.

ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network, mendemokrasikan hardware dan software komputer yg mulanya berbasikan UNIX. Pada mulanya, tujuan proyek ini dipergunakan untuk keperluan militer. Di mana, sistem jaringan akan tersebar dan bisa mengaitkan komputer di daerah-daerah vital. Utamanya untuk memecahkan situasi sulit, bila terdapat serangan nuklir dan mencegah isu yang terfokus. serta bisa dihancurkan dengan gampang, seandainya terjadi perang di sekitarnya.

Karena tujuan awalnya hanya dimanfaatkan untuk keperluan militer, ARPANET hanya menghubungkan 4 website. Website yg dimaksud adalah Stanford Research Institute, Santa Barbara, Utah University serta California University. Kemudian disajikan pada tahun 1972 di bulan Okktober. Tetapi setelahnya, proyek ini berkembang pesat di segala daerah, karena seluruh universitas di negera ini mau bergabung.

Pada saat yang sama pula, ARPANET mulai kesulitan untuk mengendalikannya. Karenanya, ARPANET dipecah menjadi dua komponen, adalah MILNET yg bergerak dalam bidang Militer. Meskipun ARPANET untuk kebutuhan non-militer seperti univeritas. Gabungan antara keduanya, diketahui dengan DARPA dunia maya, yg sekarang kemudian dikenal dengan Internet serta berkembang hingga ke segala dunia.

 

Sejarah Perkembangan Internet

Berdasarkan garis besar, perkembangan internet sudah dipersembahkan pada bagian sebelumnya. Namun tidak dengan perkembangannya secara mendunia. Dimana, dunia maya serta protokol standar dari TCP/IP dipubilkasikan pada tahun 1982. Tetapi pengaplikasian domain, baru dikenal serta dipakai pada 1984. Pada masa-masa inilah, internet terus berkembang & diaplikasikan oleh bermacam golongan.

Pada tahun 1986, NSFNET mulai menggantikan peran dari ARPANET. yangmana, NSFNET menjadi wadah riset khusus untuk Amerika Sekitar. Berbarengan dengan hal tersebut|ini pula}, bermacam-macam jaringan internasional mulai timbul dan dimaksimalkan oleh NSFNET. Hingga akhirnya, pada tahun 1990 ARPANET diwariskan. & perkembangannya terus bertahan sampai saat ini.

BACA JUGA :   Sejarah Internet Kompasiana

Dulu, kabar yang diperoleh lewat dunia maya hanya dapat berbentuk teks. Melainkan pada beberapa tahun belakangan, perkembangan tampilan grafis semakin maju. Di mana, pengguna sudah mengetahui WWW atau WWW yg dimaksimalkan pula oleh CERN. Sampai pada tahun 1993, InterNIC didirikan untuk dapat melayani & mengelola pendaftaran nama domain dari publik.

Secara singkat, begitulah perkembangan dunia maya hingga bisa diterima di seluruh dunia. Sementara internet diterima di Indonesia pada tahun 1994. Pada masa-masa inilah dunia online dikenal oleh masyarakat serta dapat diaplikasikan hingga masa sekarang. Tetapi untuk perkembangan lebih terang perihal kemajuan serta perkembangannya di Indonesia, anda bisa mencari tahunya pada komponen selanjutnya.

Sejarah WWW (WWW)

Siapa diantara anda yang tidak mengenal WWW? WWW kerap kali dipakai, dikala akan mengaplikasikan dunia online. Di mana, WWW diaplikasikan sebagai alamat dari sebuah situs. Segera bagaimana sejarah WWW dalam dunia maya ini? Sosok pencipta WWW merupakan Regu Berners-Lee. Ide mulanya adalah menyediakan kebutuhan komunikasi tambahan, secara khusus ketika menghadai petaka besar.

Hal ini disesuaikan dengan keperluan dunia online pada zamannya, merupakan untuk keperluan militer. Sehingga, pengaplikasiannya di masa lalu dilaksanakan pada ARPANET di tahun 1960 hingga tahun 70an. Bahasa yg digunakan untuk WWW adalah HTML. Sehingga bisa lebih mudah dibaca oleh manusia pada layar komputer. Selama dipakai, terdapat pelbagai perkembangan kencang pada penggunaannya.

Salah satunya perkembangan pada tahun 1990 serta 1991, di mana Berners-Lee mengeluarkan tools & protocol untuk melengkapi kebutuhan dunia online. Sampai akhirnya, dunia maya menjadi sarana komunikasi yg sangat dibutuhkan oleh manusia. Perkembangan terbarunya, Barners-Lee membangun sebuah organisasi WWW Foundation yg bertujuan untuk membagikan open web pada masyarakat.

Sejarah Internet di Indonesia

Sama seperti negara lain, Indonesia ikut serta menikmati kemudahan setelah dunia maya muncul. Sebelum perkembangannya, ada pantasnya memahami sejarahnya di Indoneia. Di mana, dunia online di Indonesia mulai dikenal pada permulaan tahun 90an. Pada masa itu, internet di Indonesia dikenal dengan paguyuban network. Di mana semangat dasarnya yaitu kekeluargaan & gotong royong.

Pada awal perkembangannya, dunia maya di Indonesia dikenal benar-benar hangat. Melainkan beralih, sesudah sebagian tahun baru-baru ini. Di mana, perkembangannya terasa lebih komersial & individual. Tiap aktivitasnya dimanfaatkan untuk perdagangan dunia online. Sementara pada tahun 1988, pengguna internet di Indonesia ada yang sudah memakai CIX serta Compuserve untuk mengaksesnya.

Menurut berita, IP pertama yang timbul di Indonesia, dicatatkan oleh Universitas Indonesia. Di mana dilakukan oleh beberapa orang legendaris yang turut membangun internet di Indonesia pada tahun 1992 sampai 1994. Tiap-tiap tokoh yg terlibat kemudian mengontribusikan kemampuannya untuk membangun bagian-bagian penting dalam sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Itulah info mengenai Sejarah Internet Dan Dampak Positif Negatifnya, semoga berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *