4 Tips Memilih Klinik Tumbuh Kembang Anak yang Tepat untuk Si Kecil

Posted in Review on May 26, 2021

Tumbuh kembang si kecil memang menjadi hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian ayah bunda. Pasalnya meski pertumbuhan setiap anak berbeda, namun suatu keadaan tertentu bisa jadi mengindikasikan gangguan pada anak. Oleh karena itu, penting untuk membawa buah hati ke klinik tumbuh kembang anak. Sebelum itu, berikut tips tepat dalam memilihnya.

Pertimbangan Memilih Klinik Tumbuh Kembang

dokter dokter (2)

  1. Kesamaan Pandangan Perihal Kesehatan Si Kecil

Memiliki kesamaan pandangan dengan dokter spesialis anak, menjadi soal penting dalam memilih klinik tumbuh kembang. Pasalnya, ke depannya si kecil akan terus ditangani oleh dokter spesialis yang bekerja di klinik tersebut. Lantas bagaimana jika anda tidak sepaham dengan dokter tersebut ? Tentu rekomendasi atau konsultasi apapun akan sulit membuahkan hasil.

Maka dari itu, sebaiknya pilih klinik yang mempunyai dokter dengan pandangan sama. Dimana kebanyakan dokter anak sendiri biasanya cukup terbuka untuk berkenalan di pertemuan pertama. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mengetahui bagaimana pandangan sang dokter, misal terkait penggunaan antibiotik, imunisasi, dan lain sebagainya.

  1. Lokasi Klinik

Lokasi klinik tumbuh kembang anak menjadi salah satu aspek penting yang perlu anda pertimbangkan. Kendati terdapat banyak klinik yang apik, namun sebaiknya pilih klinik dengan lokasi yang tidak begitu jauh dari rumah. Dengan begitu, anda akan lebih mudah membawa si kecil apabila terjadi keadaan darurat secara tiba tiba.

Selain itu, lokasi klinik yang tidak terlalu jauh dari rumah akan membuat anda lebih hemat biaya dan tenaga. Karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi lebih untuk transportasi umum atau bahan bakar kendaraan pribadi. Apalagi tidak semua anak bisa duduk diam dengan tenang jika harus menempuh perjalanan panjang.

  1. Kenyamanan Berkomunikasi

Tidak hanya pandangan yang sama, kenyamanan anda dalam berkomunikasi dengan dokter yang menangani si kecil harus menjadi pertimbangan penting. Pun dengan kenyamanan anak sendiri apabila si kecil sudah mampu berbicara. Sebab dokter yang tidak sepaham ditambah dengan komunikasi tidak berjalan lancar, tentu bisa membuat kesalahpahaman.

Ujung ujungnya, kondisi kesehatan anak tidak bisa menemui titik terang. Sebaiknya pilih klinik dengan dokter yang ramah dan talkative agar anda bisa mengemukakan keluhan, atau menyampaikan kekhawatiran anda terhadap si kecil. Dengan begitu, maka masalah tumbuh kembang anak bisa diselesaikan secara cepat dan tepat.

  1. Rekomendasi Orang

Klinik tumbuh kembang anak yang direkomendasikan oleh orang terdekat atau sumber terpercaya, bisa anda pertimbangkan untuk membawa si kecil. Anda juga dapat mempertanyakan, kenapa mereka merekomendasikan klinik tersebut. Dengan begitu, anda pun akan menemukan kelebihan dan keunggulan dari klinik terkait.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika memilih klinik tumbuh kembang untuk si kecil. Sebagai rekomendasi, anda yang berada di daerah Jakarta dan sekitarnya bisa memilih klinik tumbuh kembang OMDC. Klinik satu ini memiliki tenaga medis profesional dan fasilitasnya terbilang sangat lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *