Kurikulum Primary School Global Sevilla

Di Global Sevilla, tingkat pembelajaran kedua hadir dengan fokus pembelajaran yang berbeda. Metode yang digunakan yaitu pembelajaran berbasis inkuiri aktif. Dengan dasar pemikiran untuk memberikan pendekatan berbeda yang sesuai dengan kemampuan siswanya, sekolah internasional di Jakarta ini mengimplementasikannya dengan tepat.  Berikut informasinya!

 

Mengenal Apa Itu Pembelajaran Berbasis Inkuiri Aktif

Sebagai sekolah internasional, Global Sevilla tahu bagaimana memberikan yang terbaik bagi para peserta didiknya. Hal ini dibuktikan dengan metode dan kurikulum yang digunakan pada kegiatan belajar mengajarnya. Salah satu pendekatan yang efektif untuk mengajar siswa tingkatan kedua (secondary school) adalah active-inquiry based learning.

Bagi yang belum tahu, pendekatan khusus ini merupakan pembelajaran yang menekankan peran siswa dalam proses pembelajaran. Metode ini hampir seperti pendekatan yang berpusat pada siswa, di mana guru memiliki peran sebagai mentor. Sedangkan para siswa didorong untuk mengeksplorasi, berbagi ide, dan mengajukan pertanyaan tentang materi.

Poin lainnya yang perlu anda ketahui adalah bahwa siswa akan belajar untuk lebih aktif dalam kelas. Sedangkan guru akan membimbing para siswanya agar berperan dengan baik ketika proses belajar mengajar. Sehingga siswa pada sekolah internasional di Jakarta ini akan memiliki kemampuan yang unggul dalam hal menyampaikan pendapat dan lain sebagainya.

Kelas akan secara aktif melibatkan siswa pada kegiatan belajar mengajar. Mereka tidak hanya mendengar, membaca, dan menulis saja. Namun siswa diharapkan lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk tingkat sekolah dasar, pendekatan ini dapat membantu siswa mengingat dan lebih memahami materi karena mereka harus menyampaikan apa yang dipelajari.

 

Penggunaan Dua Kurikulum Yang Berbeda

Global Sevilla juga menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri aktif didukung oleh dua kurikulum yang berbeda. Kurikulum pertama yaitu Cambridge Primary atau berfokus pada Bahasa Inggris, Matematika, dan Sains. Untuk kurikulum kedua adalah kurikulum utama Internasional (IPC), yang berfokus pada pembelajaran yang komprehensif, kreatif, dan tematik.

Cambridge Primary biasanya didesain khusus bagi siswa usia dini atau taman kanak-kanak usia 5, hingga siswa sekolah dasar usia 11. Jangka panjang memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan dan kinerja mereka melalui program pendidikan yang menarik. Hal ini juga diyakini dapat membantu mereka dalam belajar lebih kreatif dan ekspresif.

Kurikulum dasar internasional atau IPC adalah kurikulum lain yang lebih tematik, kreatif, dan komprehensif. IPC cocok diimplementasikan untuk siswa berusia 5 sampai 11 tahun karena strukturnya fleksibel, fokus pada mata pelajaran dan tujuan pribadi. Ini membantu siswa pada sekolah internasional di Jakarta dalam memperluas jangkauan program studi.

Dengan gagasan untuk membuat pembelajaran dan pengajaran yang seimbang, pendekatan ini ada untuk membantu siswa menjadi lebih aktif di kelas. Dengan dua kurikulum tersebut, Global Sevilla mencoba mendorong siswa dan meningkatkan pengetahuan mereka dengan sesuatu yang menyenangkan atau menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *