Mengenal 3 Manfaat Panel Surya Yang Wajib Anda Tahu

Posted in Review on April 18, 2021

Indonesia termasuk negara dengan kapasitas listrik yang belum terpenuhi sempurna. Sebab ada beberapa wilayah yang masih belum terjamah oleh listrik, sedangkan beberapa diantaranya kerap mengeluh mati listrik mendadak. Namun keluhan tersebut dapat diatasi dengan pembuatan solar panel. Selain mengenal fungsi panel surya, mari ketahui apa saja manfaatnya berikut.

 

Manfaat Menggunakan Solar Panel

SUN Energy

  1. Menghemat Tagihan Listrik

Di era ini, manusia tidak terpisahkan dengan teknologi di setiap aktivitas hariannya. Tingginya kebutuhan akan penggunaan peralatan elektronik, tentu sebanding dengan banyaknya pengeluaran untuk membayar tagihan listrik. Semakin banyak peralatan elektronik yang digunakan, otomatis tagihan listrik akan semakin melonjak.

Secara tidak langsung, kenaikan tarif listrik dapat berdampak pada kondisi perekonomian keluarga dan masyarakat. Kondisi ini semakin diperparah dengan merangkaknya tagihan listrik tanpa diimbangi dengan kenaikan penghasilan. Namun tidak perlu khawatir, karena fungsi panel surya sebagai penyedia listrik cadangan bisa menjadi solusinya.

Pembuatan solar panel dianggap efektif menurunkan tagihan listrik hingga mencapai 50%. Bahkan ada kemungkinan Anda tidak perlu membayarkan sedikitpun tagihan listrik, karena semua kebutuhannya sudah terpenuhi lewat solar panel. Tidak heran jika masyarakat tanah air mulai meliriknya untuk mengurangi tagihan listrik bulanan.

 

  1. Mudah Diterapkan

Indonesia termasuk negara tropis dengan suhu yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara lainnya. Dengan kata lain, Indonesia mendapatkan asupan sumber cahaya jauh lebih besar sepanjang tahunnya. Sedangkan solar panel sendiri akan bekerja efektif apabila mendapatkan asupan energi cahaya matahari.

Otomatis Indonesia adalah negara yang dianggap sangat cocok untuk menerapkan energi surya. Bahkan Anda bisa memasangnya di berbagai bangunan, tidak terkecuali di atap rumah hunian pribadi. Rumah yang telah dilengkapi dengan solar panel, penghuni rumah bisa mendapatkan cadangan listrik tercukupi untuk kebutuhan hariannya.

 

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Solar panel memanfaatkan energi sinar matahari untuk kemudian diolah menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip efek photovoltaic. Energi listrik yang sudah siap digunakan, kemudian akan disimpan dalam sebuah baterai. Energi tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengoperasikan berbagai perangkat elektronik sesuai dengan kebutuhan.

Karena hanya menggunakan sinar matahari, otomatis cara satu ini tidak akan memberikan dampak apapun bagi lingkungan sekitarnya. Dianggap lebih ramah lingkungan, menjadi salah satu daya tarik utama dari pembuatan solar panel. Bahkan sumber energi utama ini selalu tersedia di alam tanpa pernah ada habisnya, sehingga sangat cocok digunakan sebagai sumber listrik cadangan.

Meski fungsi panel surya digunakan sebagai sumber listrik cadangan, namun perlu diingat bahwa panel satu ini tidak bekerja efektif ketika menjelang sore atau malam hari. Sebab pada kedua waktu tersebut, panel tidak mendapatkan asupan sinar matahari mulai berkurang. Alhasil Anda harus lebih berhemat karena sumber listrik cadangan bisa habis lebih cepat.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa pembuatan solar panel dari SUN Energy mampu memberikan segudang keuntungan bagi sang pemilik bangunan. Mulai dari ramah lingkungan, mudah diterapkan, dan tentunya menekan tagihan listrik bulanan tentu berhasil membuat Anda senyum senyum ketika memilikinya. Apakah Anda tertarik memilikinya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *