Sudah tahu Perbedaan Mic Condenser dan Mic Dinamic? Yuk Cek Di Sini

Posted in Teknologi on July 27, 2020
Tags:

Mikropfon menjadi bagian dari perangkat Audio Sound System yang memiliki peranan penting. Meskipun keberadaannya cukup familiar, namun tak semua orang mengetahui mic secara detail. Padahal jika anda pergi ke toko, biasanya akan ditanyakan beberapa hal seperti ingin mencari mic dynamic atau condenser. Sebagai orang awam mungkin akan bingung, untuk itu anda bisa mengenal kedua jenis mic tersebut dalam ulasan berikut.

Perbedaan Mic Condenser dan Mic Dinamic yang Wajib Diketahui

Mic Condenser

Sumber : BliAudio.com

1. Perbedaan Fisik

Jika dilihat dari kasat mata, perbedaan keduanya terlihat mencolok dari segi fisiknya. Umumnya mic condenser akan memiliki ukuran yang lebih kecil, sederhana dan juga lebih ringan. Meskipun ada juga beberapa mic condenser yang memiliki bentuk lebih besar. Misalnya mic yang digunakan oleh respsionis atau meja informasi. Sementara untuk mic dynamic memiliki bentuk yang lebih besar dan juga lebih berat.

2. Perbedaan Dari Segi Teknis

Mic condenser biasanya bentuknya bulat dengan ukuran yang kecil. di dalamnya terdapat 2 plat yang bentuknya sangat tipis dengan fungsi sebagai diafragma. Dari kedua plat inilah nantinya akan menerima getaran yang sumbernya dari luar. Atau bahasa lainnya dikarenakan ada tekanan udara yang berbeda setiap detiknya yang menghasilkan getaran. Getaran itulah yang diterima oleh mic ini sehingga bisa merespon suara dari jauh.
Perangkat Audio Sound System ini memiliki prinsip kerja yang tidak bisa berjalan jika dialiri tegangan berbeda. Karena di dalam mic condenser memiliki polaritas yang negarif dan negatif. Sehingga pemasangannya tak bisa dan tak boleh terbalik serta harus mendapatkan tegangan arus yang searah. Tetapi mic satu ini bisa disupllai dengan tegangan yang kecil. mic ini juga tidak bisa digunakan secara langsung, harus ada rangkaian opamp agar bisa digunakan.
Untuk mic Dynamic memiliki kumparan serta magnet di dalamnya. Diafragma yang dimiliki dibuat dari bahan plastik tipis yang berfungsi untuk menggerakkan kumparan di bagian dalam. Prinsip kerja yang dimiliki mirip dengan speaker, yang bisa langsung terhubung jika disambungkan dengan preamp mic. Mic ini bisa dikatakan kurang sensitif jika dibandingkan dengan mic condenser. Suara yang dihasilkan juga lebih cenderung ke medium bass.
Mic Dynamic akan menghasilkan suara yang lebih bagus ketika jaraknya lebih dekat. Kedua mic ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Mic dynamic bisa digunakan untuk ampli gitar, atau instrumen dengan sifat SPL yang tinggi. Sementara untuk condenser bisa digunakan untuk rekaman vokal tetapi juga bisa digunakan untuk ampli bass maupun gitar.
Kedua mic ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing penggunanya. Karena memang memiliki sensitifitas yang berbeda. Kedua mic ini juga sangat mudah untuk ditemukan di berbagai toko elektronik. Ada beberapa merek yang sudah terkenal dengan kualitas yang luar biasa. Sehingga sebelum membeli mic, anda harus membekali diri dengan informasi basic soal mic tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *